Taman makam raja mataram yang terkesan adem ayem dan teduh ketika berkunjung kesana, merupakan salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Banyak cerita dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk “mewajibkan diri” singgah kesana. Rasanya tidak lengkap wisata ke jogja jika tidak mampir kesana.

Taman makam imogiri terletak merupakan salah satu objek wisata dibantul Yogyakarta . Makam Imogiri dibangun pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan keturunan dari Panembahan Senopati Raja Mataram I. Makam ini terletak di atas perbukitan yang juga masih satu gugusan dengan Pegunungan Seribu.

Tangga menuju makam imogiri


A photo posted by Bocah Ndeso (@plat_ab0274) on


Mitos yang berkembang dimasyarakat adalah jika kita menghitung anak tangga makam, hasilnya pasti berbeda satu dengan yang lain. Meskipun mulainya menghitung dilakkan secara bersamaan. Mitos ini ini berkembang dimasyarakat dengan aneka macam tambahan ceritanya, mulai dari konsentrasi pengunjung diganggu makhluk halus.

Ada juga yang mengatakan inilah bagian dari misteri rahasia angka kehidupan kita. Jika ada yang bisa menghitung secara tepat jumlah tangga maka doanya pasti akan terkabulkan. Apapun itu mitos tetaplah menjadi pemanis dan daya tarik di lokasi ini.

Salah satu sudut pintu makam



Anda masih penasaran dengan jumlah anak tangganya? Simak ya makna jumlah berikut..

  1. Anak tangga terpanjang berjumlah 346 anak tangga. Melambangkan lamanya pembangunan makam selama 346 tahun.
  2. Anak tangga dari daerah dekat masjid menuju pekarangan masjid berjumlah 13 anak tangga. Perlambang Sultan Agung diangkat sebagai rajam Mataram pada tahun 1613.
  3. Anak tangga dari permukiman menuju daerah dekat masjid berjumlah 32 anak tangga (makam ini dibangun pada tahun 1632)
  4. Anak tangga dari pekarangan masjid menuju tangga terpanjang berjumlah 45 anak tangga. Menggambarkan bahwa Sultan Agung wafat pada tahun 1645.
  5. Anak tangga di sekitar kolam berjumlah 9 anak tangga, melambangkan Walisongo

"Mitos biarlah menjadi mitos dan warisn cerita untuk anak cucu, yang paling penting luruskan niat dan sucikan pikiran hanya pada Yang Maha kuasa, bukan kepada makam". Demkian salah satu pesan dari jurukunci Makam imogiri.

Eits, lho.. kok ada tangga baru lagi ?



Bagi anda yang masih penasaran, team Hidenia siap mengantarkan menuju lokasi tersebut.