Yogyakarta selain kota kota wisata banyak juga yang menyebut kota kreatif dan tempat belajar kearifan. Kearifan ini bisa dilihat dari perawatan nilai budaya dan permainan peninggalan nenekmoyang terdahulu. Salah satunya masih terawatnya permainan Masangin di alun alun kidul Yogyakata. Terlepas  Mitos atau Fakta nyatanya permainan ini menjadi icon tersendiri bagi wisata jogja.

Ada dua pohon beringin besar yang terdapat di alun alun kidul ( alkid ). Konon pohon ini berusia ratusan tahun. Menurut sejarahnya , konon di alaun alun ini terdapat 64 pohon beringin,dari sejumlah sebanyak itu ada dua pohon yang dianggap keramat dan yang dimaksud adalah yang sekarang masih berdiri tegak sampai sekarang.

Begini Contoh Cara Permainananya



Asal muasalnya menurut beberapa cerita, salah satunya adalah katanya dahulu Sultan HB I mempunyai anak perempuan puteri yang sangat cantik jelita dan banyak pangeran yang ingin melamarnya. Sultan memberikan syarat yang bisa mendapatkan anaknya adalah yang bisa melewati dua pohon beringin tersebut. Cara melewatinya dengan keadaan matanya tertutup. Menurut Sultan hanya yang berhati baik dan bersih yang bisa melewati pohon kembar tersebut. Dan ternyata yang bisa melewati adalah Prabu Siliwangi.

Liputan Tentang Mitos Pohon Beringinnya



Cerita versi lain,konon pohon ini merupakan pintu gaib untuk mengecoh tentara penjajah yang ingin menyerang kraton sehingga akan kehilangan arah setelah memasuki pohon kembar tersebut.

 Hikmah dari Mitos  tersebut ialah jika kita ingin melakukan sesuatu hendaklah dengan fokus dan dilandasi dengan hati yang baik dan bersih serta tidak mengganggu sekitar. Anda penasaran dan ingin mencoba diri anda untuk bisa menembus mitos tersebut, silahkan menghubungi Team Hidenia. Kami siap mengantarkan kelokasi dan memecahkan rasa penasaran anda.